Selasa, 08 Desember 2015

Pengalaman Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Tasikmalaya dengan E-klaim

Holaaa blogger... udah lamaa banget gk ngeblog sampe2 saya lupa paswed blog saya yg terakhir apdet sekitar taun 2012. Rada2 kagok juga mau nulis lagi, sengaja bikin blog karna pengen share pengalaman saya cairin JHT bpjs ketenagakerjaan (dulu namanya jamsostek). Mungkin diluar sana ada yg ngalamin "kerempongan" yg saya alamin... tenang aja, gk seribeutt apa yg diperbincangkan kok. Berdasarkan aturan 1 sept 15 bahwa JHT ini bisa dicairkan 100%.

16 November 2015
Saya terima paklaring yg dikirimkan perusahaan saya, ahh.. setidaknya saya sudah punya "ijazah alumni". awalnya belum ngeh ttg bpjs/jamsostek sampe akhirnya saya buka2 dompet nemuin beberapa kartu kaya kartu asuransi jamsostek dll..saya nyiapin paklaring buat cairkan saving plan dari asuransi yg saya ikuti. saya yg udah 3.5 taun kerja ini belum ngeh banget ttg jamsostek, iseng2 saya browsing ttg jamsostek. akhirnya nyangsanglah di sebuah situs berita online ttg aturan baru BPJS Ketenagakerjaan. gegara nyangsang itu saya kan jadi kepo, akhirnya saya bisa tau kalo saldo JHT itu bisa di cek baik secara online maupun by sms.
mumpung saya lagi onlen, yowes akhirnya saya cek saldo jht disini. Pas dibuka, ada beberapa data yg diminta seperti:
- no hp & alamat email
- no e-KTP
- nama ibu kandung dll
Terus saya cek saldonya, hmmm... dr 3.5 taon kerja, gk banyak kok yg saya "celengin" hihihihi yaa kira2 saya dapet seharga 1 unit motor bebek. alhamdulillahh sakitu oge lumayan. etamah ibarat "icis hilap".
Eh.. keterusan saya cari tau gmn cara nyairin JHT, katanya JHT bisa dicaririn di kantor bpjs ketenagakerjaan terdekat. Karena waktu itu saya lagi di bekasi, awalnya saya berniat langsung dateng ke kantor bpjstk bekasi, saya browsing Gmaps gk taunya lumayan jauh dr tempat tinggal saya ditambah lagi dapet info kalo antriannya udah sampe februari 2016.. seriusaan?? kok antri.. antri buat ngapain?? penasaran, saya coba call CALL CENTER BPJSTK di 500910 malah sibuk mulu, kadang gk nyambung kadang gk ada tuttututan sama sekali... entah kunaon. berdasarkan informasi dari fage Facebook BPJSTK  ada beberapa syarat (dokumen wajib) buat cairin BPJSTK diantaranya:
1. Kartu Jamsostek/ BPJSTK asli
2. Fc KTP yg masih berlaku (Asli dibawa untuk ditunjukkan ke petugas)
3. Fc Kartu Keluarga (Asli dibawa ke kantor bpjstk)
4. Fc SK Resign/ Paklaring (Asli dibawa ke kantor bpjstk)
5. Surat Pengunduran diri dari perusahaan ke Dinas Ketenagakerjaan
6. Fc Halaman depan buku tabungan (kalo mau transfer)
7. Matrai 6000

Nah, karena dokumen asli itu ada di rumah saya di ciamis ya sudah gak jadi deh, saya buka lagi WEB-bpjstk buat cari tau alamat kanwil bpjstk terdekat. Dari web itu saya dapet informasi alamat kantor bpjstk Tasikmalaya dan.... pencairan JHT online dengan menyiapkan scan beberapa dokumen diatas.
saya awalnya pikir, yasudahlah gampang kok tinggal scan aja gak usah dateng dan gk usah ngantri2 segala paling tinggal transfer. hahahahahah.. ternyata enggak, tetep kudu dateng dan gk bisa diwakilkan.

Senin - 23 November 2015

Gk lama setelah saya nyampe ciamis, saya scan dan copy dokumen diatas (kecuali no 5 dan 7) terus malemnya sekitar jam 11-12an deh saya coba buka web dan daftar E-klaim. Karena saya pernah masuk webnya buat cek saldo, yaa saya tinggal login webnya pake email&paswed sebelumya trus masuk menu e-klaim:
saya, udah nyiapin scanan dokumen.. dengan Pe-Denya saya upload-lah dokumen yg diminta:
a.Kartu Jamsostek
b.KTP
c.KK
d.Hal. depan Buku Tabungan (E-klaim pasti transfer)
e.Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan kepada dinas ketenagakerjaan setempat dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan.
              **** besar filenya: minimal 100kb dan maksimal 1.8mb

Nah...entah linglung, tunduhh, pohoo atau bagaimana... saya malah upload point "e." ini dengan dokumen paklaring. saya pikirr pasti "gagal blasssss ini".. konon point "e." ini kita harus mintakan ke HC tempat kita bekerja jadi sejenis surat pengantar ke disnaker dengan tembusan bpjstk berisi masa kerja, data karyawan dll yg sudah disahkan disnaker tempat kita bekerja. Di paklaring saya memang ada masa kerja dari tgl berapa ke berapa.. ada data nama, ttd hc dsb. tapi tetep kan... saya salah upload. saya udah bayangin kalo e-klaim saya ini bakalan ditolak, dan kalo udah ditolak gak bisa daftar ulang (katanya) jadi harus "ikut antri" ajukan klaim secara manual.. ya sudah.. pasrahhh...
               **** setelah upload, ada notifikasi kalo saya harus menunggu selambat2nya sampai hari kerja berikutnya pukul 19.00           
tanggal 24 nov sampe jam 19.00 saya belum terima email pemberitahuannya... yahh mungkin karna saya daftarnya malem bgt..

Rabu - 25 November 2015
Omaigattt ini apa... saya dapet email pemberitahuan persetujuan klaim dari e-klaim bpjstk
yeeee.... senengnya saya karena telah memenuhi persyaratan dan diminta dateng (paling lambat 7 hari setelah email diterima). saya juga download lampiran F5. isinya perciss formulir F5 ketika mengajukan klaim manual. saya print. ehhhh... datanya ada yg beda!! alamat rumah saya kok beda??? masa bekerja saya kok beda???
saya sempet ragu karena masalah2 yg saya alami seperti: saya belum punya SK pengunduran diri dari perusahaan ke disnaker, beda data alamat kk/ktp dengan data bpjstk... saya putuskan, mending saya dateng langsung supaya dapet penjelasan yg lebih rinci apa aja kekurangan yg harus saya penuhi sebelum sy take action.
saya lupa-lupa inget dimana alamat bpjs ketenagakerjaan tasikmalaya.. seinget saya di irhanda sebelum rancabango. Saya cari pake Google Maps donk... ehhhh malah syesyaaaatttt lohh.. di Gmaps bpjstk itu ada disebelah nissan, artinya ngelewatin rancabango... asa gk mungkin. Saya telpon aja ke nomor kanwil bpjstk Tasikmalaya sesuai nomor dari web bpjs ketenagakerjaan 0265-327987, nah saya nyambung ke bagian pelayanan dikasih tau alamatnya dimana.. ohhh bener piling saya sebelum rancabango, gak jauh kok dari PO budiman. kalo dari arah ciamis/simpang 5 kira2 sekitar 200 meter setelah Pul budiman. saya masih inget sama suara lelaki yg jawab telponnya, lagi salesma gitu.. alias pilek, wong saya dengerin dia beberapa kali bersin dan nyedotin lehoo, kasiannn itu lg jd anak ingusan masuk kerja hohohohoo. Karena banyak setrikaeun.. saya putusin besoklah berangkatnya.

Kamis, 26 November 2015
Saya sampe bpjs ketenagakerjaan tasikmalaya jam 11.38 dan disana teh beduuull... itu jelema meuni udah luber gitu aja.. di halaman bpjsnya aja antri ada yg nagog, nangtung, kokosedan, banyak jg yg bengong...
saya langsung ngurunyung ke satpam, satpamnya someah.. baik gitu langsung saya tunjukin email dari bpjstk. Bpk satpam minta diliatin dokumennya, gk lama dokumen saya diambil dan di kasihin ke teteh2 bagian informasi pelayanan yg duduk deket pintu masuk (gak dikasih nomor antrian ky yg lain). saya disuruh duduk sama satpamnya diminta tunggu, nanti jg dipanggil.
saya celingukan, duduk dimana... orang penuh gini.. untung didepan ada ibu2 yg ngangkat bujur terus pulang. ya udah saya duduk disitu. sempet ngobrol bentar sama ibu2 sebelah yg nganterin anaknya klaim JHT. katanya si ibu udah ke 3x kesitu, dia dateng dari jam 8an.. nah kalo mas mas sebelah saya tunggu cair lg antri (ada bank BNI di dalem kantornya), belum kelar obrolan saya sm mas mas dan ibu2 itu saya dipanggil sama teteh2 bag. pelayanan tadi (gk nyampe 10 menit dr sy duduk). tetehnya manis gitu ramah pula, tp ky yg capek..

teteh2 pelayanan (tp): "mba yg klaim JHT online itu ya...?"
saya (sy):" iya mba, sy dapet email diminta dateng kesini terus ada yg mau sy tanyain kok ini alamat sama masa kerjanya beda ya padahal aslinya xxxx...."
(tp):" ohh iya gpp, nnt diperbaiki kecuali kalau beda nama, tgl lahir, ibu kandung yaaa data2 yg vital mba itu harus ada surat keterangan baik dari kelurahan atau instansi yg berkepentingan. Tapi begini mba.. ini sebenernya ada ada yg kurang punyanya mba.."
(sy):*pura-pura oon "iya gmn mba?"
(tp):"ini kebetulan bagian yg ngurus E-klaimnya lg cuti, jd saya yg handle. nah mba tuh ininya (tunjukin paklaring) masih kurang, harusnya ada legalisir dari disnaker tempat mba kerja.."
(sy): " oh.. begitu, soalnya kan kalau dari email dikasih taunya telah memenuhi persyaratan (emang bener)"
(tp): "iyaa betul mba.. soalnya pas sy periksa tadinya saya mau kasih notes apa yg kurang, supaya pas mba kesini tinggal kasih aja semuanya, tapi masalahnya gak ada tools buat nambahin notes. kekurangannya cuma legalisir aja kok mba, kalo banyak yg salah/kurang pas verifikasinya pasti langsung kita tolak kok.. mba dulu kerjanya dimana?"
(sy):"saya dibawah naungan Kcs Bandung mba, tapi diminta handle area ciamis, jadi ya kalo lokasi kerja di ciamis"
(tp):"ohh kalo begitu ininya (Fc paklaring ) harus dilegalisir ke disnaker ciamis, kopiannya aja.. asal legalisirnya harus asli.."
(sy):"ini aja mba? ada lagi yg kurang atau mesti saya benerin.."
(tp): "iya udah cuma itu aja kok.. mba udah kerja lagi?"
(sy): "belum mba.."
(tp): "ok, soalnya klw mbanya udah kerja gk bisa diproses jd harus bener2 gk terikat sama instansi perusahaan, paling saya cicil prosesnya sekarang aja ya.. mba bawa matrai?"
(sy): "oh iya bawa.. ini mba.."
gak lama, saya di wawancara gitu sama si (tp) ya biasa ditanya2 data kk, masa kerja, alamat, udah kerja dimana aja dll... terus saya diminta isi dan ttd semacam surat pernyataan gitu pake matrai 6000, buat yg gak bawa matrai, tenaaang di bapak satpam yg tadi ada kok. harganya 7rb kalo gk salah. Nah karena saya masih ada yg kurang, si teteh2 itu bilang "ini klaimnya akan saya proses kalo dokumenya sudah lengkap ya mba, jadi nnti mba langsung ketemu saya cukup kasih legalisirnya aja baru saya proses.. " diakhiri dengan senyum manis si teteh, saya pun pamit.
saya gk langsung pulang, tapi mampir ke disnaker ciamis yg lokasinya gk jauh dari rumah saya.. tisoledat ge nepi!.. tau disnaker ciamis?? ihh kemana aja.. kelamaan di WC ya? hahahahahh just kidding disnaker ciamis itu deket smp 4/ DPR.. gk jauh dr mesjid agung ciamis.
saya kesitu masih jam istirahat, saya pikir gk akan dilayanin.. ehh gak taunya dilayanin lohh saya bilang mw legalisir paklaring buat ke bpjstk sama 3 orang bapak2. sy cm diminta fotokopi ktp terus dilegalisir 2 lembar fc paklaringnya.. satu diambil, satu buat saya. sempet saya tanya "berapa pak"... beliau bilang "teu kedah.." (Gak usah).. ehh seriusan??? masih ada ya pns yg "melayani dengan hati bukan dgn fulus"...alhamdulillah.. mudah-mudahan hidup bapaknya barokah dan dimudahin segala urusannya karena memudahkan saya selaku masyarakat. saya jd keingetan waktu bikin surat kehilangan ke polsek, atau wktu nganterin temen bikin surat domisili ke kelurahan, ngurusin ini itu ke kecamatan, bahkan sekedar minta surat pengantar dari RW biasanya identik dengan finishing "sawilasana", atau "kangge ngopi".
Back to topic...
tadinya saya mau balik lagi ke bpjstk tasikmalaya.. tapi ujug ujug hujan gede euuyy,,, ditambah lagi ini kaki saya lecett. yasudahh abi uih.

Jumat, 27 November 2015
sekitar jam 9.50 pagi saya sudah sampe di bpjstk Tasikmalaya.. weehhh hari ini malah lebih membludakkk "pasiennya" daripada kemarin, padahal ini hari jumat.. atau karena ini hari jumat kali ya.. makannya penuh.
saya langsung masuk, ditanya sama bapak2 yg jagain pintu.. saya bilang diminta sama teteh itu buat dateng kesini.. saya dipersilakan, cuma nunggu 1 orang yg lagi dilayanin. kali ini saya gk duduk. beneran penuh.
tohh cuma bentar...
langsung saya kasihin dehh sama si teteh katanya persyaratan saya sudah lengkap, dan hari ini juga langsung diproses, pencairan sekitar 4 hari kerja melalui transfer karena kliring.. "nah mba, ini kan kita kerjasamanya sama BNI sedangkan mba kan rekeningnya Mandiri jadi proses pencairannya sekitar 4 hari kerja.. jadi kamis depan (3 desember 2015) coba dicek udah masuk belum" gitu kata mbanya, "ohh gitu, kalau belum masuk ada nomor atau pihak yg saya hubungi?" tanya saya.
"kalau dari saya hari ini jg saya proses, nah kalau sampe tgl 3 pagi belum ada mba hubungi aja nomor ini *nulis 327987 extensionnya 106 itu bagian keuangan.. nnt mba sebutin aja nomor kepesertaan atau e ktpnya"...
begitulahh perbincangan saya dgn teteh bag pelayanan, yg sekali lagi diakhiri senyum manisnya...

Ahh,, berarti saya tinggal nunggu aja sampe hari kamis minggu depan... oke, minimal satu urusan saya sudah hampir done... alhamdulillah.. sampai disini sy tidak mengalami kesulitan yg bearti.

Senin, 30 November 2015
JRENGGG.. JRENG..JRENGGGG.. taraaaaa... saya dapet notifikasi sms banking, kalo JHT saya udah cair...horaaaayyyy!! alhamdulillahhh..  jumat kemaren ngurusin, seninnya udah cair... mantaaffttt!!
saya cek status bpjstk saya dr web.. bener aja saldonya udah nol.

Thanks 4 : my ex-perusahaan...bpjstk tasikmalaya...disnaker ciamis

Notes:
* Paklaring itu penting, maka... resignlah secara baik-baik ikuti prosedure yg berlaku diperusahaan. toh kita masuk secara baik-baik, keluar jg harus baik-baik... saya miris dengan beberapa karyawan baru yg memilih "kabur" karena tidak kerasan diperusahaan... nanti rugi loh. kerasanya gk sekarang,..
* Pastiin perusahaan yg  memperkerjakan anda telah ikut serta bpjs (kesehatan maupun ketenagakerjaan)
* Jangan kudet, pastikan kita tau informasi mengenai bpjs ini selaku karyawan
* Jgn under estimates, bpjstk gak ribeut kok.. mereka hanya memastikan bahwa hak-hak karyawan diterima dengan tepat sasaran,, perihal ngantri.. yaelahhh emang yg diurusin cuma kita aja??
* Pastikan kita melakukan  Re-Check terhadap informasi yang didapat gak cuma dari satu referensi kalo bisa harus direct ke sumbernya, jangan asal eksekusi..



36 komentar:

  1. hi, boleh minta contoh surat pengunduran diri dari perusahaan ke disnaker tidak ya ke email cindy_lie@ymail.com.
    terima kasih

    BalasHapus
  2. aku mau tanya tentang "Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan kepada dinas ketenagakerjaan setempat dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan" itu kaya apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw saya sih paklaring dari kantor, terus dicap stamp disnaker tempat kerja (syaratny harus ada masa kerja, nama lengkap di dokumenya)...

      Hapus
    2. Jadi kita harus ke kantor disnaker dlu dong ya mba buat cap paklaring?? Baru kita bisa pengajuan klaim bpjs-tk nya
      Begitu bukan ya mba??

      Btw makasi atas jawabannya, sangat membantu :)

      Hapus
    3. Maaf teteh numpang tanya kalo tempat kerja nya di wil.jakarta pusat tp minta stempel nya di disnaker jakarta barat boleh gak yah.?
      Mohon infonya yah teteh

      Hapus
    4. Maaf teteh numpang tanya kalo tempat kerja nya di wil.jakarta pusat tp minta stempel nya di disnaker jakarta barat boleh gak yah.?
      Mohon infonya yah teteh

      Hapus
  3. Hai, boleh minta contoh surat pengunduran diri dari perusahaan ke disnaker?
    Mohon bantuannya di emai ke : suwendyagus@yahoo.co.id
    Terima kasih atas bantuan yang diberikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sih cuma verklaring yg di stamp disnaker aja..
      Disnaker penempatan kerja yaa, paklaringny ada isi masa kerjanya.

      Hapus
    2. Jadi kita harus ke kantor disnaker dlu dong ya mba buat cap paklaring?? Baru kita bisa pengajuan klaim bpjs-tk nya
      Begitu bukan ya mba??

      Btw makasi atas jawabannya, sangat membantu :)

      Hapus
  4. teh bade naros atuh...

    kan di klaim nya itu ada ektp... nah saya punya nya ktp lama... sementara td pas saya ke bpjs-tk mereka ga masalahin ktp... tp pas saya coba klaim online.. disitunya tertulis"maaf nomor ektp tidak sesuai gitu... bingung saya teh.. ada info ga teh??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya klw online mmg harus pake E-KTP. Klw bisa dilayanin langsung di bpjs, mndg langsung aja.. Tp biasanya "LAMA" maklummm yg diurys bukan qt aja

      Hapus
  5. teh numpang naros atuh, abi ti palihan banjar patroman mau naik angkutan umum, dikarenakan bawa motor teu apal jalan. hehhe... kalo dari pool budiman jalan kaki nyampe gak? atau kelewatan gak yah sama bis?? hatur nuhun teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr pol budiman bisa jalan kaki kok setelah pol gak jauh.. sebrangnya ke arah rancabango. Klw dari banjar mah naek bis yg jurusan tasik aja, turunin langsung dpan bpjs

      Hapus
    2. bukannya di banjar patroman ada kantornya?

      Hapus
    3. masa si?? sebelah mana?? pas saya nanya" ada juga bpjs kesehatan, katanya kalo daerah priangan timur cuma 1 yaitu di tasikmalaya...

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. teh numpang2 hhehe..
    kalo saya paklaring perusahaan di bekasi tinggal di kuningan jawa barat..
    itu disnakernya harus bekasi atau bisa di domisili kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw kerjanya di bekasi berarti disnaker bekasi... makanya buat yg jauh dulu kerjanya biasanya minta tolong ke HC masing2 perusahaan buat minta SK pengunduran diri yg udah diteruskan ke disnaker/ sdh approve disnaker

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Contoh surat Pengunduran diri yg diteruskan ke dinasker gimana..??

    deny44661@gmail.com

    BalasHapus
  10. pada kasus saya perusahaan (agency) tempat kerja saya sudah tutup trs bagaimana ya??ada yg bisa bantu

    BalasHapus
  11. Boleh minta contoh surat dari peruhasaan ke dinasker kaya gmna.
    Makasih sebelum nya
    Kamil.Hariyanto@yahoo.com

    BalasHapus
  12. Mba uyung nadilah. Jadi kita cuman minta cap setempl doang dari disnaker kota tempat kita bekerja

    BalasHapus
  13. Pagi mba, boleh minta contoh surat yg d stamp ama disnakernya ? Kalo boleh bisa di email ke citraresmiwulandari@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya ��

    BalasHapus
  14. Malam Mba,, saya mau tanya untuk E-KTP saya masih proses di Kecamatan karena saya pndah alamat. apakah bisa menggunakan SIM yang msih berlaku.

    BalasHapus
  15. Teh.. nyhunkeun contoh surat pengunduran diri dri pt yang tembusan ke disnaker..
    Yayatsup06@gmail.com

    BalasHapus
  16. Teh.. nyhunkeun contoh surat pengunduran diri dri pt yang tembusan ke disnaker..
    Yayatsup06@gmail.com

    BalasHapus
  17. f5 nya nggak bisa ke download ??? kenapa iya?

    BalasHapus
  18. Teh.. nyhunkeun contoh surat pengunduran diri dri pt yang tembusan ke disnaker..
    lukymahesa38@gmail.com

    BalasHapus
  19. Coba bantu ya teh..., ini contoh surat pengunduran diri dari Pt yang tembusannya ke disnaker.

    http://04locker.blogspot.co.id/2016/06/surat-keterangan-pengunduran-dari.html

    Kemarin baru ngurus soalnya...

    BalasHapus
  20. Bagus dan bermanfaat artikelnya. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan kunjungi.
    http://www.masdim.id/2016/08/paklaring-itu-apa-berikut-kegunaannya.html?m=1

    BalasHapus
  21. yang jelas orang2 yang melayani bpjs online orangnya kurang cakap dan bodoh serta bodoh banget.....saya sudah kirim surat pengalaman kerja.....malah minta surat pengalaman kerja...ini apa dia tidak bodoh

    BalasHapus
  22. yang jelas orang2 yang melayani bpjs online orangnya kurang cakap dan bodoh serta bodoh banget.....saya sudah kirim surat pengalaman kerja.....malah minta surat pengalaman kerja...ini apa dia tidak bodoh

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. teh kalo cuma paklaring ajj bisa tanpa sk yx dri perusahaan itu?
    mohon jawban ny teh makasih

    BalasHapus
  25. Mba mau tanya dong itu disnakernya harus dari tempat saya bekerja dulu apa bisa di tempat asal saya soalnya saya pernah membuat kartu kuning dari asal tempat tinggal saya? Mohon di jawab mba

    BalasHapus